Home » » Hari jadi Banjarnegara ke 183 tahun

Hari jadi Banjarnegara ke 183 tahun

Ulang tahun Banjarnegara

Banjarnegara - Sebuah kabupaten yang nyaman dan sejuk , tempat lahir dan tumpah darahku. Tanggal 22 Agustus 2014, tepatnya hari Jumat, Banjarnegara akan menginjak usianya yang ke 183, di usia tersebut saya sangat berharap Banjarnegara bisa berubah, bangkit dan makin maju.
Sejarah ditetapkannya tanggal 22 Agustus sebagai hari jadi kabupaten Banjarnegara adalah sebagai berikut :
Tepat pada tanggal 22 Agustus 1831 Raden Tumenggung Dipoyudho IV resmi menjabat Bupati Banjar Watulembu. Semangat juang Adipati Mangunyudo I tetap temurun pada generasi penerusnya, seperti R. T. Dipayudo IV ini. Beberapa saat setelah pengangkatannya, Raden Tumenggung Dipoyudho IV meminta ijin kepada Paku Buwana VII di Kasunanan Surakarta untuk memindahkan kota kabupaten ke sebelah selatan Sungai Serayu. Setelah permintaan tersebut dikabulkan, dimulailah pembangunan kota kabupaten yang semula berupa daerah persawahan yang luas. Untuk mengenang asal mula Kota Kabupaten baru yang berupa persawahan dan telah dibangun menjadi kota, Kabupaten Baru tersebut diberi nama “BANJARNEGARA”. Mempunyai arti Banjar = Sawah, Negara = Kota, mempunyai maksud lahan yang dulunya merupakan sawah, sekarang sudah menjadi kota, pusat pemerintahan. Meski diartikannya terpisah perkata, namun penulisannya tidak terpisah. Tetap tersambung, BANJARNEGARA bukan BANJAR NEGARA.
Raden Tumenggung Dipoyudo IV mempersiapkan segala sesuatu yang menjadi keperluan Kabupaten baru ini. Bupati beserta semua pegawai Kabupaten pindah dari Banjar Watulembu ke kota yang baru Banjarnegara. Dikarenakan pada saat pengangkatannya status Kabupaten Bajar Watulembu yang terdahulu otomatis telah dihapus. Oleh sebab itu, Raden Tumenggung Dipoyudho IV dikenal sebagai Bupati Banjarnegara Pertama. Nama Dipoyudho pun diabadikan menjadi nama Jalan di Kabupaten Banjarnegara, Jalan Dipayuda.
Peristiwa Pengangkatan Raden Tumenggung Dipoyudho IV pada tanggal 22 Agustus 1831 sebagai Bupati Banjarnegara inilah yang dijadikan dasar penetapan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara. Sesuai dengan Keputusan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara tanggal 1 Juli 1981 dan Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Banjarnegara Nomor 3 Tahun 1994 Tentang Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara. Tanggal 22 Agustus 2014 Banjarnegara  memperingati hari jadinya yang ke 183. Hari jadi biasanya diisi dengan acara wajib, yaitu kirab atau arak-arakan. Kegiatan rutin berupa kirab ini dilaksanakan oleh Bupati Banjarnegara, Wakil Bupati berserta jajarannya, seluruh Kepala Instansi, Camat dan Kepala Desa Kab. Banjarnegara. Beliau-beliau menaiki kuda mulai dari Banjarkulon sampai Banjarnegara. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa kegiatan seni dan aneka lomba di Alun-Alun Banjarnegara. Banjarnegara, tetaplah Gilar-Gilar. Semoga selalu menjadi kota yang damai, sejuk dan tentram. Tambah maju di segala sektor atau bidang usaha. 

Hari jadi Banjarnegara
Bagi yang mau ikut andil dalam memeriahkan acara ulang tahun Kabupaten Banjarnegara yang ke 183 dengan mengirimkan karangan bunga, kami karangan bunga Banjarnegara Metrijaya florist siap membantu. Kami adalah putra daerah asli Banjarnegara, Hubung kami di (0286) 5803438 atau Hp. 082135341880. Atau bisa datang langsung ke Toko Bunga Banjarnegara di Kutayasa RT.01 RW.02 Bawang, Banjarnegara ( Indonesia Power Mrica Ke Selatan ).

Share this Product :

2 komentar:

 
Support : Copyright © 2013. Banjarnegara Florist | Toko Bunga Banjarnegara - All Rights Reserved
Template by Mas Template